4 Daya Tarik Danau Sentani yang Membuatmu Wajib Mengunjunginya

Jika Sahabat pernah terbang menuju Jayapura, pasti pernah melihat pemandangan yang mengagumkan berupa danau yang biru dan luas. Yap,  danau ini bernama Danau Sentani. Makna dibalik nama Sentani ini memiliki arti “di sini kami tinggal dengan damai” yang pertama kali disematkan oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin pada tahun 1898.

 

Makna yang tersimpan tersebut memang cocok karena saat tiba di Danau Sentani, Sahabat pasti akan merasa lebih damai dan tenang. Jika Sahabat berencana datang ke sini, pastikan Sahabat nggak berkunjung di musim penghujan, ya! Selain karena medannya yang licin, pemandangan yang indah pun jadi sering tertutup awan. Traveling-mu jadi nggak maksimal, kan?

 

Nggak hanya pemandangannya saja yang indah, namun di dalam Danau Sentani tersebut menyimpan berbagai hal yang sangat menakjubkan. Danau Sentani terbentang di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops, Papua. Apa saja hal yang menarik dari Danau Sentani tersebut? Simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya, Sahabat!

 

  1. Spesies Ikan Endemik Khas Danau Sentani

Sumber : phinemo.com

 

Danau Sentani memiliki luas 9.360 hektar dengan berbagai spesies ikan air tawar di dalamnya. Ada sekitar 30 spesies ikan air tawar dan 4 di antaranya merupakan spesies endemik yang hanya ada di Danau Sentani saja.

 

Keempat spesies tersebut adalah ikan gabus (Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus) dan hiu gergaji (Pristis microdon).

 

2. Bukit Teletubbies yang Mengagumkan

 

Jika Sahabat ingin berkunjung ke Danau Sentani, pastikan untuk menyempatkan diri berkunjung ke bukit Teletubbies. Bukit ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan dengan hamparan rerumputan hijau yang luas bergelombang. Berpadu dengan indahnya Danau Sentani dan cahaya langit sore membuat siapa saja yang datang ke sana akan terpana melihatnya.

 

3. Festival Danau Sentani

Sumber : Flickr/Thinkerback



Festival yang diadakan pada bulan Juni setiap tahunnya ini jangan sampai terlewat, ya, Sahabat! Festival Danau Sentani biasanya diisi dengan tarian khas Papua di atas perahu dan berbagai upacara adat, seperti penobatan Ondoafi (kepala adat). Pada penobatan tersebut akan ditunjuk satu kepala adat yang akan membawahi 5 kepala suku (Kose).

 

Selain itu, di festival ini Sahabat juga bisa mencicipi berbagai sajian kuliner khas Papua yang unik namun sangat lezat, lho!

 

Festival Danau Sentani ini diikuti oleh seluruh paguyuban yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura. Jadi, festival ini bukan sekadar untuk acara rutin saja melainkan untuk lebih mempersatukan berbagai golongan yang ada di Papua. Jadi, jangan lupa ajukan cuti di bulan Juni nanti supaya bisa berkunjung ke Festival Danau Sentani, ya, Sahabat!

 

4. Ada 22 Pulau yang Mengelilingi Danau Sentani

Sumber : Flickr/Travel Indonesia

 

Di dalam Danau Sentani terdapat 22 pulau kecil yang mengelilinginya. Salah satu pulau yang paling dikenal adalah Pulau Asei. Masyarakat sekitar percaya bahwa pulau tersebut merupakan bagian tubuh naga dan memiliki leluhur yang menunggangi naga tersebut. Kesenian yang ada di Pulau Asei ini berupa lukisan kulit kayu yang terkenal sampai ke mancanegara, lho.

 

Jika Sahabat ingin berkeliling menuju pulau-pulau kecil tersebut Sahabat bisa menyewa perahu motor milik warga setempat. Ditambah lagi, apabila Sahabat ingin berlama-lama menikmati keindahan pulau-pulau ini, jangan khawatir karena banyak tersedia penginapan dengan harga yang cukup terjangkau di sana. Selain memiliki kekayaan biota air tawar, di sekitar Danau Sentani juga terdapat banyak tanaman khas Papua, seperti matoa, pinang sampai kayu putih.

 

Bagaimana Sahabat? Sangat mengesankan ya Pulau Sentani ini? Sahabat bisa memasukkan Pulau Sentani ke dalam bucketlist liburan tahun ini. Berbagai destinasi sekitar Pulau Sentani yang lain juga tak kalah menawannya, seperti Danau Love dan Tugu MacArthur. Sahabat bisa sekaligus mengeksplorasi berbagai destinasi wisata lain yang ada di sekitarnya, ya!


Keterangan
Lokasi : jayapura, papua
Jelajah PAPUA

16-08-2017 6:26 AM
Taman Mesran Jayapura

16-08-2017 6:18 AM
Penangkaran Buaya

07-03-2018 5:35 AM
Rumah Adat Jayapura

16-08-2017 6:20 AM
Fame Hotel Jayapura