Ribuan Peserta Ramaikan Festival Pesona Lokal Solo Raya

Ribuan Peserta Ramaikan Festival Pesona Lokal Solo Raya
13 Sep 2018

Karanganyar (09/9) –Setelah sukses diadakan untuk pertama kalinya pada hari Minggu lalu di Bandung, Jawa Barat, Festival Pesona Lokal kembali digelar pada hari ini di De’ Tjolomadoe bertajuk Festival Pesona Lokal Solo Raya. Solo Raya menjadi tempat kedua dari rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal yang akan dilakukan di 9 kota besar di Indonesia.

Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews yang didukung oleh Adira Insurance. Kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah ini,diselenggarakan dalam rangka HUT Adira Finance yang ke-28 Tahun.Kegiatan Festival Pesona Lokal diadakan di Bandung, Solo, Bali, Makassar, Medan, Pontianak, Malang, Palembang, dan Jakarta mulai dari September hingga November 2018.

Dibuka oleh Direktur SDM dan Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi, Head of Sales Service & Distribution (Central Java) Adira Finance Irfan Budianto dan Direktur Utama Adira Insurance Julian Noor, kegiatan Festival Pesona Lokal Solo Raya berlangsung dari pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat diikuti sekitar 4500 peserta yang terdiri dari ekosistem Adira Finance (karyawan, dealer, agen, dan mitra bisnis), komunitas, pelajar, dan masyarakat umum.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Jawa Tengah khususnya Solo Raya atas sambutan hangat dan partisipasinya pada kegiatan hari ini. Semoga kegembiraan dan keseruan ditunjukan masyarakat Solo Raya juga terjadi dikota-kota selanjutnya, tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat dan para sponsor yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Festival Pesona Lokal dengan baik, aman dan tertib,” ujar Swandajani Gunadi selaku Direktur SDM dan Marketing Adira Finance.

Antusiasme masyarakat Jawa Tengah khususnya Solo Raya sangat luar biasa pada kegiatan Festival Pesona Lokal hari ini. Hal ini juga didukung oleh kehadiran Bupati Karanganyar Bapak Drs. H.Juliyatmono untuk menyapa dan memberikan sambutan kepada seluruh peserta dan pengunjung yang hadir.

Acara Festival Pesona Lokal Pesona Lokal Solo Raya dimulai dengan acara parade Karnaval Budaya yang diikuti oleh lebih dari 1700 peserta yang akan menampilkan mulai dari baju adat dan musik tradisional hingga seni pertunjukkan khas budaya Jawa Tengah seperti Singo Barong, Dayakan Topeng Ireng dan banyak lagi. Karnaval budaya ini akan melewati rute De Tjolomadoe menuju sepanjang JL. Adisucipto hingga Shailendra Galeri dan berputar kembali menuju De Tjolomadoe dengan panjang kurang lebih 3 KM.

Selain Karnaval Budaya, Lomba Mural dengan tema Pesona Kotaku serta Lomba Kreasi Masakan Khas Daerah dengan tema Tengkleng juga akan meramaikan Festival Pesona Lokal Solo Raya. Selain itu, terdapat Lomba UMKM dimana akan dipilih tiga UMKM terbaik yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Di Festival Pesona Lokal Solo Raya, para pengunjung juga akan disuguhkan dengan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner sampai kerajinan khas Jawa Tengah yang inovatif dan kreatif.

Hadiah senilai total ratusan juta rupiah menanti para pemenang lomba di ajang Festival Pesona Lokal Solo Raya. Pemenang Lomba Karnaval Budaya akan mendapatkan: juara 1 Rp. 15.000.000,- , juara 2 Rp. 10.000.000,- , dan juara 3 Rp.6.000.000,-. Pemenang Lomba Mural akan mendapatkan juara 1 uang tunai Rp. 10.000.000,-, juara 2 Rp. 7.000.000,- , dan juara 3 Rp. 5.000.000,-. Untuk para pemenang Lomba UMKM masing-masing akan mendapatkan uang tunai sejumlah ; juara 1 uang tunai Rp. 10.000.000,- , juara 2 Rp. 7.000.000,- , juara 3 Rp. 5.000.000,-. Sementara untuk pemenang Lomba Kreasi masakanakan menerima uang tunai sejumlah ; juara 1 uang tunai Rp. 7.000.000,- , juara 2 Rp. 5.000.000,-, juara 3 Rp. 3.000.000,-.

Khusus untuk Karnaval Budaya yang diikuti oleh peserta siswa antar sekolah, tiga sekolah terbaik akan mendapatkan uang tunai masing-masing: juara 1 Rp. 7.000.000,- , juara 2 Rp. 5.000.000,- , juara 3 Rp. 3.000.000,-. Tidak hanya itu,kegiatan Festival Pesona Lokal Solo Raya juga dimeriahkan oleh penampilan artis ibu kota Zaskia Gotik, Resa Lawangsewu dan sejumlah artis lokal.

Selain berbagai perlombaan yang diadakan di setiap kota diselenggarakannya Festival Pesona Lokal, akan diberikan penghargaan khusus yaitu Kota Paling Mempesona dari Kemenpar (Pesona Indonesia), Adira Finance dan iNews kepada kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan Festival Pesona Lokal di kota tersebut. Acara penganugrahan perhargaan tersebut dilaksanakan pada program Indonesia Award di stasiun tv iNews pada bulan November mendatang.

Festival Pesona Lokal didukung oleh berbagai pihak diantaranya sponsor utama, PT. Asuransi Adira Dinamika dan sponsor lainnya seperti PT Coca Cola Amatil Indonesia, PT. Astra Otoparts Tbk (Shop & Drive), PT. Torabika Eka Semesta (Mayora), PT. Artajasa Pembayaran Elektronis, PT. Astra Honda Motor, PT. SMARTFREN Telecom Tbk, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT. Triangle Motorindo (VIAR), PT. Asuransi Sinar Mas, Asuransi Raksa Pratikara, Unilever-Wall’s, PT. Suzuki Indomobil Sales PT. Massindo Internasional, dan PT. Asuransi Jiwa Manulife. Seluruh peserta akan mendapatkan perlindungan kecelakan diri dari Adira Insurance selama acara berlangsung serta mendapatkanproduk Frestea, Ades,sachet Torabika Kopi Susu, sachet Expreso, sachet Beng-beng Drink, Energen dan eskrim Wall’s serta staterpack SMARTFREN secara gratis.

“Semoga kegiatan Festival Pesona Lokal Solo Raya hari ini dapat menjadi sebuah acara tahunan yang ikonik di Jawa Tengah yang dapat menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kami harap acara ini berkesan baik bagi pengunjung maupun seluruh peserta yang ikut meramaikan. Dengan adanya Festival Pesona Lokal diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan potensi daerahnya dan juga berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya,” tutup Swandajani.