Peringkat Korporasi dan Obligasi ADIRA Dinamika Multi Finance Tbk Naik Menjadi “idAAA”

Peringkat Korporasi dan Obligasi ADIRA Dinamika Multi Finance Tbk Naik Menjadi “idAAA”
24 Nov 2014

Image-peringkat-naik_large

Kredibilitas Adira Finance sebagai perusahaan pembiayaan no.1 di Indonesia sudah diakui dengan banyaknya jumlah nasabah yang mencapai angka 3.7 juta orang. Hal ini diperkuat dengan penaikkan peringkat kredit korporasi PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) oleh PEFINDO yang notabene merupakan perusahaan pemeringkat efek. Penaikkan peringkat tersebut ada terjadi pada Obligasi Berkelanjutan II/2013, Obligasi Berkelanjutan I/2011, dan Obligasi V Seri D/2011 menjadi “idAAA” dari “idAA+”. Pada saat yang sama, PEFINDO juga menaikkan peringkat Sukuk Berkelanjutan I/2013 menjadi “idAAA(sy)” dari “idAA+(sy)”. Kenaikan peringkat tersebut merefleksikan tindakan PEFINDO dalam menaikkan peringkat induk perusahaan ADMF yaitu PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) menjadi “idAAA” dari “idAA+”. Prospek untuk peringkat kredit korporasi perusahaan adalah “stabil”.

Peringkat mencerminkan sinergi yang sangat kuat dan hubungan yang saling menguntungkan antara ADMF dan BDMN, pangsa pasar perusahaan yang sangat kuat di industri pembiayaan kendaraan bermotor, dan portofolio bisnis yang terdiversifikasi dengan baik. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh tekanan pada pertumbuhan dan kualitas aset.

Didirikan tahun 1990, ADMF merupakan perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor terbesar di Indonesia. ADMF menyediakan layanan pembiayaan kendaraan bermotor baru maupun bekas, untuk mobil maupun sepeda motor. Pada 30 September 2014, ADMF memiliki 28.646 karyawan untuk melayani nasabah melalui 647 jaringan pelayanan bisnisnya yang terdiri dari 198 kantor cabang, 336 kantor perwakilan, 98 kios, dan 15 dealer outlet yang terletak di kota-kota besar di Indonesia. Sebanyak 95% saham ADMF dimiliki oleh BDMN, 0,4% dimiliki oleh Asuransi Adira Dinamika, dan 4,6% dimiliki oleh publik.