Parade Karnaval Budaya Hingga Pasar Rakyat di Festival Pesona Lokal Palembang

Parade Karnaval Budaya Hingga Pasar Rakyat di Festival Pesona Lokal Palembang
04 Nov 2018

Palembang (04/11) – Pada hari ini, Festival Pesona Lokal kembali digelar bertempat di Benteng Kuto Besak, Palembang. Serangkaian kegiatan akan memeriahkan Festival Pesona Lokal Palembang mulai dari parade karnaval budaya, lomba mural, lomba kreasi masakan daerah, dan lomba UMKM hingga pasar rakyat yang diikuti lebih dari 4500 peserta.

Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews yang didukung oleh Adira Insurance. Kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah ini, diselenggarakan dalam rangka HUT Adira Finance yang ke-28. Rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal diadakan di Bandung, Solo, Bali, Makassar, Pontianak, Malang, Medan, Palembang, dan Jakarta mulai dari September hingga November 2018.

Dibuka oleh Wakil Direktur Operasional Adira Finance Suang Siang Susanto, Head of Sales Service & Distribution (Sumatera Bagian Selatan) Adira Finance Bapak Krisdianto dan Direktur Utama Adira Insurance Bapak Julian Noor, kegiatan Festival Pesona Lokal Palembang berlangsung dari pukul 06.30 hingga 15.00 waktu setempat diikuti oleh lebih dari 4500 peserta yang terdiri dari ekosistem Adira Finance (karyawan, dealer, agen, dan mitra bisnis), komunitas, pelajar, dan masyarakat umum.

“Terima kasih kepada masyarakat Sumatera Selatan, khususnya Palembang, atas dukungan dan partisipasi yang luar biasa pada acara hari ini. Palembang adalah kota ke-8 diselenggarakannya Festival Pesona Lokal dan tidak kalah meriah dan seru dengan kota-kota sebelumnya. Kami turut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat dan para sponsor yang telah membantu demi terlaksananya kegiatan Festival Pesona Lokal dengan baik, aman dan tertib,” ujar Suang Siang.

Antusiasme masyarakat Palembang dan dukungan pemerintah daerah yang luar biasa pada kegiatan Festival Pesona Lokal hari ini, terlihat dari ribuan peserta dan pengunjung yang memadati lokasi acara dan turut hadirnya Walikota Palembang Bapak H. Harnojoyo, S.Sos untuk menyapa dan memberikan sambutan kepada seluruh peserta dan pengunjung.

Acara Festival Pesona Lokal Palembang dimulai dengan acara parade Karnaval Budaya yang diikuti oleh lebih dari 2500 peserta yang menampilkan keberagaman baju adat dan musik tradisional serta seni pertunjukkan khas budaya Sumatera Selatan. Karnaval budaya ini akan mengelilingi Benteng Kuto Besak melalui Jalan Sr. AK Gani, Jalan Sultan Mahmud Badarudin, Jalan Merdeka dan Jalan Rumah Bari dengan panjang kurang lebih 1,5 KM.

Selain Karnaval Budaya, Lomba Mural dengan tema Pesona Kotaku serta Lomba Kreasi Masakan Khas Daerah dengan tema Pindang juga akan meramaikan Festival Pesona Lokal Palembang. Selain itu, terdapat Lomba UMKM dimana akan dipilih tiga UMKM terbaik yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Di Festival Pesona Lokal Palembang, para pengunjung juga akan disuguhkan dengan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner sampai kerajinan khas Sumatera Selatan yang inovatif dan kreatif.

Hadiah senilai total ratusan juta rupiah menanti para pemenang lomba di ajang Festival Pesona Lokal Palembang. Pemenang Lomba Karnaval Budaya akan mendapatkan: juara 1 Rp. 15.000.000,- , juara 2 Rp. 10.000.000,- , dan juara 3 Rp.6.000.000,-. Pemenang Lomba Mural akan mendapatkan juara 1 uang tunai Rp. 10.000.000,-, juara 2 Rp. 7.000.000,- , dan juara 3 Rp. 5.000.000,-. Untuk para pemenang Lomba UMKM masing-masing akan mendapatkan uang tunai sejumlah ; juara 1 uang tunai Rp. 10.000.000,- , juara 2 Rp. 7.000.000,- , juara 3 Rp. 5.000.000,-. Sementara untuk pemenang Lomba Kreasi masakan daerah menerima uang tunai sejumlah ; juara 1 uang tunai Rp. 7.000.000,- , juara 2 Rp. 5.000.000,-, juara 3 Rp. 3.000.000,-.

Khusus untuk Karnaval Budaya yang diikuti oleh peserta siswa antar sekolah, tiga sekolah terbaik akan mendapatkan uang tunai masing-masing: juara 1 Rp. 7.000.000,- , juara 2 Rp. 5.000.000,- , juara 3 Rp. 3.000.000,-. Tidak hanya itu, sejumlah artis lokal akan menghibur para pengunjung, dan di acara puncak Festival Pesona Lokal Palembang akan menampilkan artis ibu kota yaitu band Armada.

Selain berbagai perlombaan yang diadakan di setiap kota diselenggarakannya Festival Pesona Lokal, akan diberikan penghargaan khusus yaitu Kota Paling Mempesona dari Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia), Adira Finance dan iNews kepada kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan Festival Pesona Lokal di kota tersebut. Acara penganugrahan perhargaan tersebut dilaksanakan pada program Indonesia Award di stasiun tv iNews pada bulan November mendatang.

Festival Pesona Lokal mendapat dukungan berbagai perusahaan antara lain PT. Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) sebagai sponsor utama dan sponsor lainnya seperti PT Coca Cola Amatil Indonesia, PT. Astra Otoparts Tbk (Shop & Drive), PT. Torabika Eka Semesta (Mayora), PT. Artajasa Pembayaran Elektronis, PT. Astra Honda Motor, PT. SMARTFREN Telecom Tbk, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT. Triangle Motorindo (VIAR), PT. Asuransi Sinar Mas, PT. Asuransi Raksa Pratikara, Unilever Indonesia – Wall’s, PT. Suzuki Indomobil Sales, PT. Massindo International, dan PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia. Seluruh peserta mendapatkan perlindungan kecelakaan diri dari Adira Insurance selama acara berlangsung serta mendapatkan produk Frestea, Torabika Kopi Susu Espresso, Beng-beng Drink, Energen dan eskrim Wall’s serta kartu perdana SMARTFREN 4G secara gratis.

“Semoga kegiatan Festival Pesona Lokal Palembang hari ini dapat menjadi sebuah acara tahunan yang ikonik di kota Palembang, tidak hanya menghibur masyarakat setempat, namun juga menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Festival Pesona Lokal juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan potensi daerahnya dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga dan mempromosikannya,” tutup Suang Siang.