Mekanisme Sistem Pelaporan Anggaran

Whistle Blower

Untuk mendeteksi adanya pelanggaran kode etik dan peraturan Perusahaan serta tindakan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik, Perusahaan telah menyiapkan sistem Whistle Blower.  Sistem pengaduan ini sangat efektif untuk mendeteksi adanya pelanggaran atau kecurangan yang terjadi di dalam Perusahaan.

Untuk setiap pengaduan atas terjadinya pelanggaran atau kecurangan, pihak manapun dapat menyampaikan pengaduannya ke alamat e-mail fraud@adira.co.id. Selain pengaduan melalui e-mail, pengaduan dapat pula disampaikan melalui telepon, faksimili ataupun surat. Selain itu, Direksi dan Dewan Komisaris juga dapat menerima pengaduan secara tertulis maupun melalui sarana telekomunikasi lainnya mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan usaha Perusahaan, termasuk juga pengaduan dugaan terjadinya pelanggaran atau kecurangan.

Seluruh pengaduan yang masuk akan analisa oleh pengelola sistem pengaduan, untuk kemudian tindaklanjuti ke bagian terkait dan dilaporkan kepada Komite Audit dan Komite Manajemen Risiko Perusahaan secara periodik.

Saat ini, sistem pengaduan dikelola oleh Direktorat Manajemen Risiko, yang mana secara khusus telah ditunjuk seorang Senior Manajer untuk melakukan Pengelolaan.

Sesuai dengan kebijakan Perusahaan, pihak pelapor yang memberikan laporan adanya pelanggaran atau kecurangan akan dilindungi kerahasiaan dan keamanannya. Identitas pelapor hanya diketahui oleh Senior Manajer pengelola sistem pengaduan dan Direksi Perusahaan.