Kinerja Berkelanjutan Masyarakat

Manfaat bagi Masyarakat yang Lebih Luas

Sebagai sebuah perusahaan pembiayaan yang dominan di Indonesia, Adira Finance selalu berusaha keras untuk meningkatkan kinerja dan reputasinya, dengan selalu memperhatikan dampak bagi pemangku kepentingan, diantaranya kepada masyarakat.

Adira Finance menyadari bahwa kegiatan usahanya membawa dampak yang besar, tidak hanya bagi perusahaan maupun investor, tetapi juga bagi seluruh pemangku kepentingan. Perusahaan senantiasa melakukan berbagai hal sebagai jaminan keberlanjutan dalam menekan semua dampak negatif, dan memaksimalkan dampak-dampak positif terutama secara sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Namun demikian, untuk sampai ke tujuan tersebut, terutama dalam memberikan manfaat untuk masyarakat, maka Perusahaan perlu membangun hubungan yang harmonis melalui interaksi yang baik dan intensif dengan seluruh pemangku kepentingan. Dengan demikian, maka akan timbul saling pengertian dan pemahaman terhadap berbagai masalah yang timbul terkait dengan kegiatan Perusahaan, baik di bidang ekonomi, sosial maupun lingkungan.

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah salah satu bentuk kontribusi Perusahaan untuk kehidupan masyarakat yang berkelanjutan, baik secara sosial, ekonomi, maupun lingkungan. Pelaksanaan program CSR yang baik, akan berdampak kepada kesejahteraan para pemangku kepentingan, terutama masyarakat sekitar perusahaan.

Selama tahun 2014, Adira Finance telah menyalurkan berbagai investasi sosial, dengan tujuan membantu memperbaiki kehidupan masyarakat, baik yang bersifat kondisional seperti bantuan bencana alam, maupun investasi yang bersifat jangka panjang seperti dukungan untuk pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).


Adira Peduli

Bencana alam yang berulang kali terjadi di Indonesia, terutama pada tahun 2014 telah mengakibatkan kerusakan di beberapa wilayah. Banjir yang melanda DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara dan wilayah-wilayah lainnya telah merusak infrastruktur juga sarana dan prasarana daerah. Gempa bumi dan tanah longsor, juga letusan gunung berapi di beberapa wilayah lain juga berkontribusi dalam kerusakan fasilitas yang dimiliki masyarakat, juga menimbulkan korban dari kalangan masyarakat, baik korban luka maupun jiwa.

Sebagai Perusahaan yang memiliki banyak jaringan yang tersebar di hampir seluruh wilayah nusantara, Adira Finance secara tanggap dan cepat turut aktif memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana. Sebagai tanda rasa simpati terhadap korban, Perusahaan aktif memberikan bantuan secara langsung, baik diberikan kepada masyarakat ataupun karyawan Adira Finance dan keluarganya yang menjadi korban dalam musibah tersebut. Bantuan diberikan dalam bentuk makanan, pakaian dan keperluan lainnya, yang dapat langsung dipergunakan oleh para korban.


Increso

Saat ini banyak kegiatanCorporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Perusahaan, seperti kegiatan Peduli Bencana, Gerakan Go Green, Peduli Sesama, dan lain-lain. Namun bagi Increso kegiatan yang dilakukan bukan hanya sekedar sebuah kegiatan CSR. Tujuan utama kami adalah memberikan pertolongan bagi mereka, saudara-saudara kita dari kalangan masyarakat tidak mampu yang menderita sakit. Mereka yang dalam membiayai kehidupannya saja sulit, namun masih harus dibebankan oleh biaya pengobatan karena sakit yang diderita.

Berbeda dengan program-program yang ada di perusahaanlain yang bersifat Global dan umum, Increso lebih focus pada satu jenis bantuan, yaitu pengobatan. Sasarannya adalah warga masyarakat yang berada di kalangan masyarakat tidak mampu dan berada di bawah garis kemiskinan.Bantuan yang diberikan diantaranya ialah biaya pengobatan seperti biaya operasi, pemeriksaan, obat-obatan, dll.

Increso sudah berdiri sejak 5 tahun yang lalu, tepatnya 29 Oktober 2006.Dengan motto We Care and We Share, Increso hadir untuk membantu golongan papa.Increso dikelola oleh sumberdaya manusia yang ahli di setiap bidangnya.Setiap harinya, banyak data pasien yang masuk kedalam database kami, namun untuk menentukan bantuan apa yang akan diberikan, pasien terlebih dahulu harus melalui beberapa proses, diantaranya ialah survey. Hal inidilakukan agar bantuan dapat tersalurkan kepada mereka-mereka yang benar-benar membutuhkan.

Salah satu cara dalam menyalurkan bantuan yakni melalui kegiatan-kegiatan amal seperti Bakti Sosial. Pada kegiatan semacam ini, warga masyarakat yang berasal dari golongan tidak mampu dapat dating secara langsung untuk mendapatkan bantuan pengobatan, baik biaya pemeriksaan maupun obat-obatan secara cuma-cuma, tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Selain pasien, cara Bakti Sosial juga diharapkan dapat menarik perhatian dari para donatur. Donasi dapat berbentuk berbagai hal, tidak hanya materi atau uang, bantuan tenaga, obat-obatan, fasilitas pengobatan, fasilitas rumah sakit, juga sangat membantu dan dapat meringankanbeban-bebansaudara-saudarakita yang membutuhkan.

Kini Increso tersebar di seluruh kantor cabang PT. Adira Finance, dengan harapan Increso dapat senantiasa hadir untuk menolong mereka-mereka yang tidak mampu membiayai pengobatan dan yang membutuhkan uluran tangan.


Donor Darah

Saat ini kebutuhan darah di Indonesia terus meningkat, disisi lain persediaan yang dimiliki Palang Merah Indonesia (PMI) terbatas karena jumlah pendonor darah di Indonesia masih sangat kurang. Kurangnya pendonor disebabkan karena berbagai alasan, namun salah satunya adalah adanya anggapan bahwa donor darah merupakan salah satu sumber penularan penyakit, akan menyebabkan berkurangnya tekanan darah dan lain sebagainya. Keterbatasan ini menyebabkan pada saat ada pasien yang memerlukan tambahan darah, pihak keluarga si pasien harus bersusah payah mengumpulkan sendiri para calon pendonor yang bersedia menyumbangkan darahnya. Hal ini tentu saja sangat menyulitkan bagi masyarakat. Masyarakat belum memahami bahwa selain akan sangat bermanfaat bagi mereka yang memerlukan, donor darah juga bermanfaat bagi si pendonor.

Menyadari kondisi kurangnya donor darah di Indonesiadan pentingnya bagi si pendonor, maka secara rutin, Perusahaan melaksanakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Pada tahun ini, kegiatan donor darah dilakukan secara nasional pada tanggal 13 November 2014 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Adira Finance yang ke-24 da berhasil mengumpulkan lebih dari 1.300 kantong darah.


Program Kampanye Jakarta Car Sharing

Permasalahan kemacetan lalu lintas di kota-kota besar terutama DKI Jakarta menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindarkan. Masalah lalu lintas sering kali muncul antara lain adalah tingginya kecelakaan, polusi dan kemacetan.

Melihat fenomena tersebut, Adira Finance bersama Global FM, membuat sebuah inisiatif dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Program Kampanye “Jakarta Car Sharing”. Program Jakarta Car Sharing menjadi suatu bentuk kepedulian Adira Finance dan Global FM terhadap permasalahan di jalan raya dengan mengajak masyarakat dan komunitas untuk berperan aktif pergi dan pulang bersama dari lingkungan tempat tinggal ke area perkantoran bersama – sama di area Jabodetabekser.

Dalam pelaksanaan program, kampanye diimplemantasikan melalui media sosial @JKTCarSharing dan radio Global FM. Selama program, tercatat lebih dari 50 kelompok yang mendaftarkan diri. Diharapkan melalui kampanye Jakarta Car Sharing, semakin banyak orang yang tergerak untuk berbagi manfaat dalam kegiatan berbagi kendaraan demi mengurangi dampak kemacetan.


Program Pendidikan Adira Finance

Sekolah Menengah Kejuruan atau yang biasa kita kenal dengan SMK adalah tempat belajar mengajar bagi siswa dimana lulusannya dibekali dengan keterampilan tertentu untuk mengisi lapangan kerja atau membuka lapangan pekerjaan.

Adira Finance bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengadakan program Kelas Adira, dimana siswa diberikan berbagai keterampilan tentang industri jasa keuangan agar mereka mampu dan siap masuk dalam industri jasa keuangan. Dengan dibukanya kelas Adira, program ini merupakan kontribusi nyata Adira Finance kepada masyarakat pada umumnya dan dunia pendidikan pada khususnya. Program kelas Adira ini diikuti oleh siswa SMKN kelas XI dan XII di 5 SMKN di DKI Jakarta, yaitu di SMKN 16, SMKN 17, SMKN 23, SMKN 47. Dan SMKN 48.

Setelah mengikuti program, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa SMKN dan membantu pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan daya serap siswa-siswa SMKN di dunia kerja. Melalui program ini, Adira Finance berusaha mencapai visinya untuk menciptakan nilai bersama demi kesinambungan perusahaan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.


Menjadi Bagian Yang Tak Terpisahkan

Masyarakat yang mandiri, terutama secara ekonomi menjadi salah satu syarat penting keberlanjutan Perusahaan. Kemandirian masyarakat dapat tercipta bila mendapatkan dukungan penuh baik dalam hal fasilitas, maupun akses–akses penting yang mampu mendukung keberlanjutan usaha kecil dan menengah, yang menjadi garda depan ketahanan ekonomi masyarakat.

Menciptakan nilai bersama atau Creating Shared Value (CSV) yang dilakukan perusahaan terfokus pada kegiatan dukungan dana usaha dan pelatihan-pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Bagi Adira Finance, Kemitraan Usaha dapat menghasilkan efisiensi dan sinergi sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak.

Kemitraan juga memperkuat mekanisme pasar dan persaingan usaha yang efisien dan produktif sehingga dapat mengalihkan dari kecenderungan monopoli atau oligopoli. Bagi UMKM, kemitraan jelas menguntungkan karena dapat turut mengambil manfaat dari pasar, modal, teknologi, manajemen dan kewirausahaan yang dimiliki oleh usaha besar. Usaha besar juga dapat mengambil keuntungan dari fleksibilitas dan kelincahan usaha.

Konsep kemitraan Adira Finance memandang bahwa para pengusaha kecil dan menengah masih membutuhkan banyak kesempatan untuk mengoptimalkan kemampuan yang sudah mereka miliki. Dengan demikian, maka baik Adira Finance maupun mitra usahanya dapat saling berkontribusi secara penuh demi keberlanjutan usaha semua pihak. Hal ini membuat sektor UMKM tidak bisa dipandang sebelah mata saja.


Program Sahabat Pasar Adira Finance

Pasar merupakan tempat berkumpulnya para pedagang atau pelaku UMKM dan tempat terjadinya proses jual beli. Masih minimnya pengetahuan akan pengelolaan keuangan dan usaha yang baik menyebabkan usaha pedagang di pasar tidak berkembang. Selain itu, belum terlalu banyak pihak yang memberikan pembinaan dan pendampingan untuk mengembangkan para pedagang pasar.

Program ini berlangsung di 10 pasar di Jabodetabek, yaitu Pasar Citeureup, Pasar Cileungsi, Pasar Ciracas, Pasar Cibubur, Pasar Cijantung, Pasar Minggu, Pasar Kranggan, Pasar Jatiasih, Pasar Agung depok, dan Pasar Citayam.

Program Sahabat Pasar Adira Finance merupakan suatu program untuk memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap para pedagang di pasar. Para pedagang diberikan pengetahuan seputar cara meningkatkan produktivitas hingga pengelolaan keuangan dalam berusaha. Melalui program ini diharapkan dapat memberikan dan menciptakan nilai tambah antara perusahaan dan komunitas dalam meningkatkan kesejahteraan sosial kepada para pedagang pasar.