FESTIVAL PASAR RAKYAT 2019

Tanya Jawab
  • Kegiatan Festival Pasar Rakyat (FPR) 2019 merupakan kegiatan CSR Adira Finance Sahabat Lokal berkolaborasi dengan Yayasan Danamon Peduli yang bertujuan untuk memberdayakan, mengedukasi masyarakat di lingkungan pasar rakyat, dan sekitarnya, serta turut melestarikan kesenian dan budaya daerah setempat dalam rangka mendorong pasar rakyat menjadi ruang publik yang kreatif dimana mitra komunitas lokal sebagai motor penggerak. FPR adalah bagian dari rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal (FPL) 2019 Adira Finance.
  • FPR berawal dari bagian kampanye Jelajah Pasar Rakyat Nusantara yaitu sebuah gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat agar setia menjadi bagian dari pasar rakyat di Indonesia yang digagas oleh Yayasan Danamon Peduli sejak tahun 2016.
  • Dengan adanya kegiatan FPR ini diharapkan dapat :
    • Menjadi kegiatan CSR Adira Finance yang berkesinambungan
    • Menginisiasi program Kemitraan Berdaya (Keday) Adira Finance di area diselenggarakannya FPR.
    • Menjalin kemitraan Adira Finance dengan Pemerintah Daerah dan komunitas lokal.
Jadwal dan lokasi Festival Pasar Rakyat 2019:
  • 4-6 Oktober 2019, Pasar Salaman, Kabupaten Magelang
  • 19-20 Oktober 2019, Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor
  • 26-27 Oktober 2019, Pasar Dasan Agung, Kota Mataram
  • 2-3 November 2019, Pasar Dahlia, Kota Pontianak
  • 9-10 November 2019, Pasar Bandung, Kota Denpasar
  • Rangkaian Kegiatan yang dilakukan di Festival Pasar Rakyat Magelangantara lain :
    • Reresik Pasar (Kerja Bakti di Pasar)
    • Sketsa dan Hunting Foto Pasar
    • Workshop Literasi Keuangan
    • Workshop Kriya (Batik, wayang, topeng, kostum kesenian)
    • Sarasehan sejarah Pasar Salaman
    • Lomba Cerdas Cermat
    • Lomba Display Barang Dagangan
    • Pameran Seni Rupa
    • Pameran Produk Kreatif
    • Aksi Mural
    • Pertunjukan Seni dan Budaya
    • Cek kesehatan dan Donor Darah
  • Penghargaan Pasar Rakyat Paling Mempesona merupakan persembahan dari Adira Finance, untuk diberikan kepada Pemerintah Daerah dan Komunitas Lokal penyelenggara Festival Pasar Rakyat yang mampu menampilkan potensi dan pesona pasar rakyat sebagai ruang publik yang edukatif dan kreatif, dengan mengajak keterlibatan masyarakat luas.
Target jumlah pengunjung kegiatan Festival Pasar Rakyat Magelang lebih dari 2.000 orang dan peserta sekitar 500 orang yang terdiri dari komunitas lokal, pelajar, masyarakat umum, dan Ekosistem Adira Finance (Karyawan, Dealer, Agen, Mitra Bisnis).
  • Didukung oleh Pemerintah Kabupaten Magelang
  • Lebih dari 60 komunitas dari Forum Komunitas Seni Budaya Magelang terlibat (Lingkungan, Sosial, Pendidikan, Seni, Budaya, Sejarah, dan Hobi) di Festival Pasar Rakyat Magelang 2019
  • Semoga kegiatan Festival Pasar Rakyat Magelang ini dapat menjadi sebuah acara tahunan yang ikonik yang dapat menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kami harap acara ini berkesan baik bagi pengelola pasar, komunitas pedagang, pengunjung, maupun seluruh peserta yang ikut meramaikan.
  • Dengan penyelenggaraan kegiatan Festival Pasar Rakyat Magelang, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat luas akan eksistensi dan potensi pasar rakyat menjadi ruang publik kreatif melalui pemberdayaan, edukasi, kesenian dan budaya.
  • Adanya Komitmen Pemerintah Kabupaten Magelang terhadap eksistensi dan perkembangan di pasar rakyat
  • Pasar Salaman merupakan salah satu pasar ikonik di Kabupaten Magelang
  • Adanya potensi Kabupaten Magelang menjadi salah satu destinasi pariwisata di Indonesia
  • Berkembangnya komunitas lokal di Magelang, yang secara kualitas punya daya saing dengan kota-kota lain.