Adu Spesifikasi New Yamaha Nmax dan All New Honda PCX150

Adu Spesifikasi New Yamaha Nmax dan All New Honda PCX150
28 Dec 2017

JAKARTA – Setelah dua tahun lebih Yamaha Nmax menguasai segmen motor skuter dengan bodi bongsor. Kini Nmax mulai mendapatkan tekanan dari Honda PCX150 yang saat ini sudah berstatus lokal (CKD).

Sebelumnya Honda PCX dihadirkan secara import (CBU) oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dari Thailand dengan dua pilihan mesin 125 dan 150 cc. Karena import tentu harga lebih tinggi, dan kalah saing dengan Yamaha Nmax yang diproduksi lokal oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Dengan diproduksi secara lokal, tentu harga Honda PCX150 kini bersaing dengan Yamaha Nmax yang sama-sama mengisi segmen skutik premium. Mari kita lihat perbandingan antara Yamaha Nmax 155 dan Honda PCX150 yang baru saja diluncurkan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Desain
Honda PCX menawarkan desain modern elegan. Kesan mewahnya terlihat dari bagian depan, di mana lampu utama sudah menggunaka LED. Motor ini tentunya cocok untuk Anda berjiwa muda dan ingin tampil eksklusif.

Yamaha Nmax sendiri lebih mengarah ke aura sporti, itu terlihat dari lekukan bodi pada setiap sudutnya. Aura sporti juga diperlihatkan pada bagian head lamp.

Mesin
Honda PCX150 mengusung mesin 149 cc SOHC, fuel injection. Tenaga yang dihasilkan 12,9 dk pada putaran 8.500 rpm, torsi 13,1 Nm pada 5.500 rpm.

Yamaha Nmax terbaru sudah mendapatkan pembaruan di sektor dapur pacunya menjadi 155 cc, mampu hasilkan 14,7 daya kuda pada putaran 8.000 rpm, dengan torsi puncak 14,4 Nm diputaran 6.000 rpm. Dari data di atas kertas, Honda PCX150 konsumsi bahan bakarnya 42 km/liter sedangkan Yamaha Nmax 34 km/liter.

Honda PCX150 menggunakan basis mesin PCX lama, dibekali teknologi eSP (Enchanced Smart Power), ACG Starter dan Idling Stop System (ISS).

Yamaha Nmax dibekali teknologi mesin Blue Core, Vaiable Valve Actuation (VVA) yang berfungsi mengatur kerja empat klep. Keduanya juga sudah mengaplikasikan pendingin cairan.

Kaki kaki
Skutik bongsor Honda menggunakan pelek 14 inci menggunakan ban depan 90/90 dan belakang 100/90. Untuk memaksimalkan kinerja pengereman Honda PCX menggunakan rem cakram depan dan belakang yang dilengkapi dengan Comby Brake System (CBS) dan juga Anti-lock Braking System (ABS). Sedangkan Yamaha Nmax tersedia tipe standar dan ABS.

Yamaha Nmax masih menggunakan pelek 13 inci, dengan ukuran ban 110/70-13 dan 130/70-13, sehingga membuat roda Nmax terlihat lebih lebar.

Dimensi
All New PCX 150 memiliki dimensi panjang 1.923 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.107 mm. Yamaha Nmax lebih panjang yakni 1.955 mm, namun Nmax sedikit ramping yakni 740 mm, begitu juga dengan tingginya yakni 1.115 mm.

Panel meter keduanya juga sama-sama full digital. Honda PCX dilengkapi DC out untuk cas handphone. Untuk suspensi belakang Nmax menggunakan Sub Tank Suspension, sedang Honda PCX150 masih suspensi standar.

Harga
Dengan beragam kekurangan dan kelebihan dari masing-masing yang dimiliki, Honda PCX150 lokal ditawarkan dengan harga mulai Rp 27 juta untuk CBS dan Rp 32 juta untuk ABS.

sedangkan Yamaha NMAX 155 model 2018 ABS dijual seharga Rp 30.2 juta dan tipe Standar dilepas seharga Rp 26.3 juta.